Pages

Minggu, 15 Maret 2015

Mineralogi Zirkon




Zirkon adalah batu mineral dengan beberapa macam warna. Dengan rumus kimia ZrSiO4 (zirkonium silikat), bobot jenis 4-4,8, kekerasan 7-7,5, mempunyai kemampuan mendispersikan cahaya sehingga kelihatan berkilauan yang hanya kalah dari kilauan intan.
Mineral utama yang mengandung unsur zirkonium adalah zirkon/zirkonium silika (ZrO2.SiO2) dan baddeleyit/zirkonium oksida (ZrO2). Kedua mineral ini dijumpai dalam bentuk senyawa dengan hafnium. Pada umumnya zirkon mengandung unsur besi, kalsium sodium, mangan, dan unsur lainnya yang menyebabkan warna pada zirkon bervariasi, seperti putih bening hingga kuning, kehijauan, coklat kemerahan, kuning kecoklatan, dan gelap, sisitim kristal monoklin, prismatik, dipiramida, dan ditetragonal, kilap lilin sampai logam, belahan sempurna – tidak beraturan, kekerasan 6,5 – 7,5, berat jenis 4,6 – 5,8, indeks refraksi 1,92 – 2,19, hilang pijar 0,1%, dan titik lebur 2.5000C.
Zirkon terbentuk sebagai mineral ikutan ( Accessory mineral ) pada batuan terutama yang mengandung Na-Feldspar seperti batuan beku asam ( granit dan syenit ) atau pada batuan metamorf. Pada umumnya keberadaan zirkon disertai dengan unsur besi, kalsium dan mangan, dimana unsur-unsur tersebut menyebabkan variasi warna zirkon terutama berwarna putih bening hingga coklat kemerahan.
Secara ekonomis zirkon banyak dijumpai dalam bentuk butiran dan terdapat pada sedimen sungai ataupun pantai yang secara umum zirkon terdapat secara bersama-sama dan terkonsentrasi dalam mineral titanium, monazite, xenotim, kasiferit, magnesit pyrite dan mineral sulfide lainnya. 

POTENSI PENGGUNAAN ZIRKON

Potensi penggunaan zirkon sangat bervariasi  dan berguna sebagai mineral pada industri logam dan non logam antara lain :
a.     Tepung Zirkon
Pada industri keramik berfungsi sebagai glaser opak ( opacifier glazes ) sebesar 13 %, karena zirkon memiliki indeks refraksi yang cukup tinggi, sehingga dapat menghasilkan keramik putih dan keramik warna yang bermutu tinggi. Sebagai frits-enamel yang berfungsi untuk melapisi logam baja atau besi tuang sehingga tahan terhadap gesekan dan anti korosif.
Pada industri gelas senyawa zirkon berfungsi sebagai fused-zirkon yang dapat menghasilkan gelas dengan komposisi khusus seperti gelas fiber, gelas Televisi warna dan lain-lain.
b.     Foundri ( Pasir Cetak )
Pada industri cetakan zirkon berfungsi sebagai penghantar panas yang baik, tidak reaktif terhadap logam lain, permukaan bersih dan berbentuk bulat sehingga membutuhkan bahan lebih sedikit jika digunakan sebagai binder. Meskipun terjadi peningkatan panas zirkon masih tetap stabil, dimana tingkat keasamannya ( PH ) zirkon adalah netral
c.     Abrasif
Senyawa zirkon dapat juga berfungsi sebagai material abrasif yaitu alumina-zirconia. Zirkon ini banyak dipergunakan pada industri logam seperti steel-billet, automotif sebagai bit pada mesin pemotong atau bola penggerus. Pasir zirkon juga dapat berfungsi sebagai pengganti sand-blast untuk menggantikan pasir kuarsa dan silika
d.     Kimia Zirconium
Pada industri kimia senyawa ini berfungsi sebagai bahan untuk zirconium sulfat ( H2ZrO2 (SO4)2 3H2O ) yang dapat menghasilkan turunan dari senyawa zirconium yang memiliki berbagai manfaat dan kegunaan seperti pada industri tekstil, pemurnian logam Al dan Mg serta moderator neutron.
e.     Logam Paduan ( Alloy )
Logam zirconium dengan kemurniannya yang mendekati 100% dapat diperoleh melalui cara reduksi zirconium-tertrachlorida dengan sodium yang berwarna abu-abu dan bersifat lunak, secara umum logam zircon dapat dipergunakan pada :
1.      Labaratorium Analistis.
2.      Pipa Keluaran Gas.
3.      Detonator bahan peledak.
4.      Foil pada lampu sorot dan lampu blitz kamera.
5.      Tabung penukar panas.
Logam paduan zirkon yang diproduksi berbentuk sebagai sponge palte cold rolled dan powder. Istilah untuk paduan atau alloy daripada zirkon adalah zircolay-2 dan zircolay-4 yang didalamya terdapat beberapa unsur logam lanilla seperti timah, besi dan lain-lain.
f.     Bahan baku Keramik dan Gelas Pada industry keramik dan gelas, zircon yang digunakan berbentuk zirkonia, PSZ (partially stabilized zirkonia), dan tepung zircon (micronized zircon). Ø Tepung Zirkon Tepung zircon pada keramik terutama berfungsi sebagai glasir opak (opacifier glazes), hal ini disebabkan zircon mempunyai indeks refraksi cukup tinggi. Zirkon di sini menggantikan peranan Sn-oksida untuk menghasilkan keramik putih dan keramik berwarna yang bermutu tinggi, khususnya keramik untuk keperluan rumah tangga (table ware) dan keramik ubin (tile ceramic). Persentase pemakaian zircon sebagai glasir opak adalah 13% dari total bahan glasir yang digunakan. Bahan-bahan glasir lainnya adalah pasir silika (28%), feldspar (27%), kaolin (9%), witherit (5%), dan Zn-oksida (4%). Sebagai frit-enamel, tepung zircon digunakan untuk melapisi logam (baja dan besi tuang). Walaupun jumlah pemakaian zircon sangat kecil dibandingkan TiO2, dengan pengguanaan zircon lebih baik, terutama dalam proses pelapisan secara kering untuk menghasilkan produk peralatan dapur dan kamar mandi. Ø Zirkonia Dalam industry gelas, zirkonia (fused zircon) digunakan untuk menghasilkan gelas-gelas yang berkomposisi khusus, seperti gelas optic, gelas fiber, gelas TV berwarna, dan lain-lain.
g.    Zirkon sebagai Batu Mulia ( Gemstone)
Zirkon yang mempunyai variasi warna dapat digunakan sebagai batu mulia, seperti : - Putih bening ( Matara diamond) - Jacinth atau hyacinth yang berwarna orange, merah, atau coklat. - Jargon atau jaargon (kuning ataupun hijau) - Starlite (berwarna biru sebagai hasil dari pemanasan zirkon yang berwarna merah kecoklatan)

h. Refraktori Zirkon dapat dibuat menjadi bata tahan api yang digunakan untuk melapisi tungku peleburan baja dan gelas. Zirkon yang digunakan ada dua jenis, yaitu AZS refraktori dan zirkonia-mullit. Pemakaian kedua bahan ini sebagai refraktori karena secara kimia mempunyai sifat netral serta ketahanan terhadap panas mendadak yang sangat baik. Zirkonia-mullit digunakan dalam bentuk batangan dan nodul yang disusun secara beraturan. Pemakaian zircon secara langsung untuk refraktori pada umumnya digunakan sebagai ladle brick. Refraktori ini dapat digunakan pada suhu hingga 3600oF. 
 
PERSEBARAN MINERAL ZIRKON
Potensi zirkon menyebar di Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, dan Kalimantan bagian barat. Potensi ini mengikuti penyebaran kasiterit, yang dikenal dengan nama tin belt. Penghasil zirkon terbesar adalah Thailand, Srilanka dan Kamboja. Namun zirkon juga ditemukan di Myanmar, Vietnam, Tanzania, Perancis dan Australia. Bangkok merupakan pusat pengasahan dan pemasaran zirkon terbesar di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

76561198192950357