Pages

Minggu, 15 Maret 2015

Sejarah Teknik Industri


 
Teknik Industri muncul dan sangat berpengaruh pada masa revolusi industri di Inggris (1750-an).  Revolusi industri dianggap sebagai era modern Teknik Industri, dimana telah terjadi perubahan proses manufaktur secara dramatis serta membantu melahirkan konsep ilmu pengetahuan.

Perubahan ini di sebabkan karena pemikiran beberapa ahli yg mempengaruhi revolusi industri seperti. Adam Smith (The Wealth Of Nations, 1776). mengemukakan konsep perancangan proses produksi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan tenaga kerja, yang menekankan pentingnya spesialisasi.Essay on Population karya Thomas Malthus dipublikasikan tahun 1798. Principles of Political Economy and Taxation karya David Ricardo, dipublikasikan tahun 1817.
Principles of Political Economy karya John Stuart Mill, dipublikasikan tahun 1848 Kemudian juga ada gagasan oleh para ahli lain seperti Charles Babbage (On Economy of Machinery and Manufacturer, 1832) mengemukakan perlunya pembagian kerja (sesuai spesialisasinya) untuk meningkatkan produktivitas.

Yg kemudian semua konsep pemikiran itu disatukan oleh Frederic W. Taylor (bapak Teknik Industri), yg menawarkan konsep bahwa bidang engineering juga harus mampu dan ikut bertanggungjawab menyangkut perancangan, pengukuran, perencanaan, penjadwalan maupun pengendalian kerja.

sejarah teknik industri tidak hanya dipengaruhi oleh pengembangan konsep saja namun juga ada aspek teknologi ( penemuan yg mendorong terjadinya teknik industri) seperti :

·         James Hargreaves menemukan mesin pintal (1765).
·         Richard Arkweight mengembangkan water frame (1769).
·         James Watt menemukan mesin uap. (1781)
·         Samuel Morse mengembangkan pesawat telegram (1840).
·         Thomas Alfa Edison menemukan lampu (1880).

Dengan adanya penemuan tersebut perkembangan teknik industri berkembang pesat dari yang dulunya hanya industri secara perumahan, sekarang sudah menjadi menggunakan mesin. Kapasitas produksi meningkat sehingga industri tumbuh dengan cepat lalu terjadi peningkatan pengelolaan perusahaan

0 komentar:

Posting Komentar

76561198192950357